Firdausy Ahla Residence | InSha Allah Lebih Berkah..

FAQ

FAQ / PERTANYAAN MENDASAR KONSUMEN “FIRDAUSY AHLA RESIDENCE”


1. Q : Sudah Pengalaman Bangun di mana ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu proyek Firdausy Ahla Residence ini merupakan proyek perdana kami. Developer-developer besar pun seperti Agung Podomoro, Summarecon, dll juga diawali dari proyek perdana.

Jika Bapak/Ibu belum percaya dengan kami silahkan menunggu setelah unit rumah jadi tapi tentunya harga rumah sudah naik bisa jadi kenaikannya sudah 3-4 kalinya dari harga perdana dan belum tentu unit/kavling yang Bapak/Ibu pilih masih ada.

Justru itu sekarang inilah kesempatan terbaik Bapak/Ibu mendapatkan harga unit/kavling dengan harga perdana dan unit pilhan juga masih ada.


2. Q : Proyek yang sedang digarap ini pakai PT atau Perorangan ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu kami menggarap proyek ini pakai nama perorangan dulu karena masih dalam proses perapihan. Justru karena belum rapi bapak/ibu masih bisa mendapatkan harga kavling/unit yang masih murah. Kalau sudah rapi tentu harga sudah berubah naik 3-4 kalinya. Harga yang sekarang kami tawarkan memberikan keuntungan di depan bagi Bapak/Ibu.

Sebenarnya bikin PT gampang saja. Cukup 5 menit. Tapi kalau PT sudah jadi maka kita harus transparan ke semua instansi dan semua biaya-biaya harus dilunasi termasuk PPN, BPHTB, PPH, dan biaya-biaya lainnya.


3. Q : Developernya dari grup apa ya ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu kami dari grup Hasanah Land pengembang property syariah yang berkantor pusat di Bogor.

Q : Kami belum pernah dengar nama Hasanah Land. Itu siapa ya ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu Hasanah Land sebenarnya sudah banyak proyeknya. Kenapa Hasanah Land tidak terkenal ? Karena Hasanah Land tidak menggunakan promosi di media cetak dan elektronik. Karena biaya promosi di media tersebut sangatlah mahal. Justru Hasanah Land menggunakan budget promosi tersebut diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan terutama kepada mereka yang ingin membantu mempromosikan perumahan syariah dan menjualkan proyek-proyeknya Hasanah Land dan memberinya komisi yang cukup besar. Sebagai contoh Hasanah Land siap berbagi komisi penjualan 2-3% dan bonus umroh.


4. Q : Kenapa ya di perumahannya tidak ada RUMAH CONTOH ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu justru itu unit-unit kami meskipun belum jadi sudah banyak dipesan orang. Jika bapak/ibu menunggu unit jadi kesempatannya sudah lewat mendapatkan harga perdana karena pada saat unit sudah jadi harga tentu saja sudah naik bisa 3-4 kalinya dan unit/kavling yang bapak/ibu inginkan belum tentu masih ada.


5. Q : Saat kami survey koq lokasinya masih tanah berupa rumput hijau/kebun/sawah ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu saat ini tanah masih berupa rumput hijau/kebun/sawah karena memang belum dirapikan. Justru itu kesempatan terbaik bapak/ibu mendapatkan harga perdana dan memilih unit/kavling yang diinginkan. Kalau bapak/ibu booking sekarang berarti sudah memilih keuntungan di depan.

Kalau lokasi sudah rapi sekali dan unit-unit sudah mulai jadi tentu saja harga sudah berubah naik bisa 3-4 kalinya dan unit/kavling pilihan pun belum tentu ada.


6. Q : Nama developer belum dikenal. Pengalaman masih minim. Koq sudah berani jual rumah ?

Jawab :
A : Bapak/Ibu developer-developer besar pun yang sekarang terkenal seperti Agung Podomoro, Summarecon, dll juga diawali nama yang belum dikenal, pengalaman yang masih minim , dan harga perdana unit yang masih murah.

Justru itu ini kesempatan terbaik bapak/ibu ambil unit/kavlingnya sekarang karena harga perdana dari kami masih murah dan unit pilihan masih ada. Saat Grand Launching harga pricelist sudah naik bisa 3-4 kalinya. Kalau bapak/ibu ambil sekarang dapat keuntungan di depan dan dapat dijual kembali setelah grand launching untuk menikmati keuntungan kenaikan harga. Bisa dijual kembali oleh bapak/ibu sendiri atau bisa titip jual kepada kami (developer) dengan biaya administrasi yang rendah. Kami nanti akan carikan calon pembeli baru yang mau bayar lebih tinggi karena mereka mau mencicil pricelist unit yang sudah naik harganya.

Q : Bagaimana prosedur untuk titip jual ke developer? Akadnya apa ?
Jawab :
A : Prosedurnya mudah. Cukup serahkan ke developer dan buat [perjanjian titip jual. Akadnya developer sebagai Samsaroh/Makelar dengan dikenakan biaya titip/administrasi dan komisi 5% dari harga cash

Q : Kapan titip jual akan laku ?
A : Insya Allah lakunya akan lebih cepat dari pada dijualkan oleh broker. Karena pembeli datang langsung kepada kami (developer)


7. Q : Kapan akan diadakan Grand Launching (GL) ? Kalau GL nya setahun lagi sepertinya kelamaan

Jawab :
A : Jadwal Grand Launching (GL) kurang lebih setahunan tapi bisa jadi sewaktu-waktu jadwalnya lebih cepat.

Tapi ini kesempatan emas bagi bapak/ibu merebut peluang potensi profit jika membeli unit sebelum Grand Launching (Pre Launching) karena masih harga perdana dan unit yang diinginkan masih ada. Bapak/ibu sudah memiliki keuntungan di depan. Sebab setelah GL pricelist bias berubah naik 3-4 kalinya dari harga pre launching. Selain itu kesempatan harga pre launching sewaktu-waktu bisa kami tutup karena harga perdana terbatas.


8. Q : Kalau saya jadi berminat beli. Saya dapat dokumen apa ?

Jawab :
Karena kami berbentuk PT sesuai perarturan Pemerintah maka kami hanya bisa memprosesnya sampai SHGB karena SHGB itu akan atasnama pemilik maka untuk pengurusan SHM diserahkan sepenuhnya kepada pemilik, bila ingin dibantu kami siap membantu.

Q : Koq gak dapat sertifikat ?
A : Bapak/ibu akan mendapatkan sertifikat setelah unit jadi dan diserahterimakan.
Jika bapak/ibu ingin menunggu dulu unit jadi tentu saja akan terlambat karena harga unit sudah berubah naik dan unit/kavling pilihan pun belum tentu ada.


9. Q : Kalau saya minat beli. Apa jaminanya unit rumah pasti jadi ?

Jawab :
A : Bapak/ibu pesan/beli unit dari kami tidak perlu ada jaminan karena bukan utang piutang tapi murni jual beli. Kami siapkan dokumen sebagi bukti transaksi jual belinya.

Supaya sama-sama nyaman mari kita buatkan kuitansi dan Surat Pemesanan Unit (SPU).

Kalau bapak/ibu menanyakan jaminannya apa pada kami rumah pasti jadi maka kami juga ingin menanyakan hal yang sama sebaliknya.
Q : Apa jaminan bapak/ibu bisa menyelesaikan cicilan sesuai dengan masa angsuran yang disepakati ?


10. Q : Kantor pemasarannya di mana ?

Jawab :
<< jika kantor pemasarannya sudah ada maka dijawab >>
A : Bapak/ibu kantor pemasaran FAR beralamat di ruko Jl Rancabolang Ciwastra

<< Jika belum punya kantor pemasaran maka dijawab : >>
A : Bapak/ibu kantor pemasaran FAR sementara dirumah ownernya dulu di perumahan Marakesh Jl Ciwastra


11. Q : Kapan PPN akan dibebankan ?

Jawab :
A : Bapak/ibu PPN akan dimulai bebankan setelah terjadi PPJB


12. Q : Kapan PPJB akan diberikan ?

Jawab :
A : Bapak/ibu PPJB diberikan setelah bapak/ibu melunasi pembayaran unit 50%.
Q : Kenapa harus menunggu setelah akumulasi pembayaran 50% ?
A : Karena kami ingin memastikan dulu kelancaran pembayaran bapak/ibu
Q : Bagaimana kalau saya bayar 50% hari ini ?
A : Bapak/ibu yang sudah bayar maka haknya (PPJB) akan diberikan 2 bulan setelah Grand Launching (GL).


13. Q : Kapan BPHTB akan dibayarkan ?

Jawab :
A : Jika bapak/ibu belinya rumah maka BPHTB akan dibayarkan saat balik nama berarti sudah melewati tahap serah terima rumah atau unit jadi. Tapi jika kavling yang bapak/ibu beli maka BPHTB akan dibayarkan pada saat serah terima.

Namun jika unit dijual kembali oleh bapak/ibu setelah terjadi PPJB maka dikenakan PPH.


14. Q : Kapan rumahnya mulai dibangun?

Jawab :
A : Bapak/ibu rumahnya mulai dibangun In syaa Allah 2 bulan setelah Grand Launching setelah Grand Launching


15. Q : Kapan rumahnya jadi?

Jawab :
A : Bapak/ibu rumahnya jadi tergantung kapan pembayaran cicilan bapak/ibu terakumulasi 50% dan In syaa Allah rumah akan diserahterima kan setelah Grand Launching


16. Q : Apakah bisa KPR Bank Syariah ?

Jawab :
A : Kami bisa bantu bapak/ibu jika mau pakai KPR tapi tergantung penilaian bank juga. Namun kalau bapak/ibu pakai KPR Bank Syariah kami kasihan karena di tahun pertama saja bapak/ibu sudah bayar 50% (DP 30% plus cicilan dll 20%). Jika sama-sama terpotong 50% lebih baik ambil unit kami DP 50% sisanya dibayar setelah jadi.


17. Q : Kalau sudah lunas kapan sertifikat diberikan ?

Jawab :
A : Bapak/ibu sertifikatnya kan diberikan pada saat rumah jadi dan setelah diserahterimakan


18. Q : Saya sudah bayar tanda jadi tapi saya tidak mau bayar sisanya ingin menunggu PPJB dulu ?

Jawab :
A : Bapak/ibu sudah membeli unit dengan keuntungan harga perdana dari kami. Jika tidak bersedia memenuhi kewajibannya maka keuntungan tersebut jadi hilang dan tanda jadinya bias hangus.


19. Q : Perizinan sudah sampai mana ?

Jawab :
A : Setelah rumah bapak/ibu jadi semua perizinan dipastikan beres


20. Q : Saya sudah membeli unit tapi di tengah jalan cicilan ingin saya alihkan ke pihak lain. Apakah bisa ? Apakah ada biaya-biayanya ?

Jawab :
A : Unit bapak/ibu boleh dialihkan ke pihak lain asal ada persetujuan tertulis dari developer. Jika bapak/ibu beli unitnya tidak cash atau DP 50% maka akan dikenakan biaya administrasi kuasa jual. Tapi jika belinya DP 50% atau cash maka bebas biaya admin pengalihan.


21. Q : Saya dapat informasi katanya lahan perumahan ini belum lunas pembayarannya ke pemilik lahan tapi kenapa sudah berani jualan rumah/kavling ?

Jawab :
A : Kami sudah punya hak jual atas tanah ini. Jika bapak/ibu ingin lihat copy sertifikatnya maka kami sarankan bapak/ibu bayar booking fee dulu.


22. Q : Saya ingin beli rumah/kavlingnya banyak bolehkan minta tambahan diskon dan diberi keringanan mundur waktu bayarnya ?

Jawab :
A : Bapak/ibu mau beli banyak unit dengan minta tambahan bonus dan mundur waktu bayarnya maka boleh-boleh saja namun kami minta waktu untuk dibicarakan dulu di manajemen.


23. Q : Kenapa ya perumahan syariah harganya mahal ?

Jawab :
A : Bapak/ibu harga mahal atau murah dalam jual beli tidak ada kaitannya dengan syariah atau bukan syariah

Contoh : Ibarat ONH regular harganya 60 juta tapi kalau haji ++ ONH nya 150 juta. Apakah kita berani mengatakan bahwa ONH ++ tidak sesuai syariah karena harganya lebih mahal dari ONH regular ??


24. Q : Bolehkan saya meminta termin pembayaran jangka panjang?

Jawab :
A : Boleh bapak/ibu mengajukan termin pembayaran jangka panjang tapi bayar booking fee dulu nanti akan dibicarakan di manajemen.


25. Q : Kapan akadnya dinotariatkan dan didaftarkan di notaries mana ?

Jawab :
A : Kira-kira kapan bapak/ibu akumulasi pembayarannya mencapai 50% dan siap-siap bayar pajak? Proses akad di notaris akan dilakukan setelah Grand Launching di notaris yang ditunjuk oleh developer .


26. Q : Saya sudah survey ke lokasi ternyata akses jalannya rusak tidak sesuai dengan iklan ?

Jawab :
A : Bapak/ibu perumahan kami merupakan perumahan syariah #TanpaBank #TanpaRiba #TanpaSita #TanpaDenda #TanpaAkadBermasalah Insyaa Allah lebih menguntungkan dan bermanfaat bagi bapak/ibu.

Kami memilih lokasi ini pasti sudah mempertimbangkan yang terbaik. Jika rumah bapak/ibu sudah serah terima unit Insya Allah sudah tahu beres kondisi jalannya.

Justru itu dengan kondisi jalan yang masih apa adanya merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan harga perdana.


27. Q : Kenapa harga cash rumah syariah lebih murah dibandingkan harga kredit ? Koq mirip ada bunga nya seperti beli rumah pakai KPR konvensional. Padahal bilang syariah.

Jawab :
A : Bapak/ibu harga kredit kami merupakan harga kavling/unit di tahun-tahun selanjutnya yang mana harga tanah sudah pasti naik dan harga kredit kami jauh lebih murah dari harga tanah sesungguhnya.

Kelebihan yang ada pada harga kredit kami itu bukan BUNGA/RIBA. Karena riba adanya di hutang piutang sedangkan kelebihan yang ada pada harga kredit kami itu adalah PROFIT/MARGIN. Dalam jual beli tidak ada batasan berpa profit/margin yang ingin diambil.

Di perumahan syariah akan developer dengan pembeli adalah jual beli dan pembeli diberi hak pilih untuk menentukan harga yang disanggupi. Harga yang disepakati di awal tidak akan berubah sampai selesainya masa cicilan.


28. Q : Beli rumah syariah kenapa tidak ada asuransinya ?

Jawab :
A : Bapak/ibu kami memang tidak menyediakan asuransi karena ada perbedaan pendapat syariah tentang asuransi. Bila rumah bapak/ibu ingin diasuransikan silahkan diurus sendiri.

Q : Bagaimana kalau rumahnya kebakaran ?

A : Jika bapak/ibu rumahnya mengalami musibah kebakaran maka developer akan membantu semaksimal mungkin dan juga akan bersosialisasi kepada para tetangga dan orang sekitar di lingkungan bapa/ibu untuk membantu meringankan musibah yang terjadi


29. Q : Jika pembeli meninggal dunia siapa nanti yang akan meneruskan cicilan ?

Jawab :
A : Jika pembeli meninggal dunia maka cicilannya akan diteruskan oleh ahli warisnya


30. Q : Pada saat akad kredit dokumen apa yang saya terima? Bagaimana status legalnya ? ?

Jawab :
A : Jika pembeli meninggal dunia maka cicilannya akan diteruskan oleh ahli warisnya